Monday, August 15, 2005

Meningkatkan Kualitas Sperma dengan Akupunktur

Jakarta - Faedah akupunktur bagi kesehatan memang sangat banyak. Tak hanya bermanfaat untuk pengobatan obesitas saja, namun juga dapat mengatasi masalah infertilitas pada lelaki. Hal tersebut tercantum dalam medical journal Fertility and Sterility, seperti yang terkutip dari situs resmi Acupuncture.

Dalam jurnal tersebut dinyatakan bahwa akupunktur dapat meningkatkan kualitas sperma, terutama terhadap integritas struktural sperma. Pembuktian teori ini dilakukan terhadap 28 pria dengan kondisi sperma yang abnormal termasuk sperma yang bergerak lambat serta kurang secara kuantitas.

Penelitian yang dikepalai Dr. Jian Pei dari Christian-Lauritzen-Institut di Jerman beserta dengan koleganya menemukan keefektifan teknik akupunktur terhadap kualitas sperma. Akupunktur memberikan hasil positif terhadap prosentase kuantitas sperma.

Selain itu akupunktur juga tidak meninggalkan dampak negatif pada struktur sperma.Namun jika permasalahannya terletak pada masalah abnormalitas sperma yang lebih spesifik seperti ketidakmatangan sperma, maka tidak dapat diatasi dengan akupunktur.

Saat ini sedang diusahakan agar akupunktur dapat menjadi pengobatan terhadap permasalahan infertilitas pada laki-laki. Dan penelitian demi penelitian dilakukan untuk mencari titik terang yang sekiranya bermanfaat bagi kemajuan ilmu medis. (msh)

Sumber: detikcom

0 comments: